Kue Gandos, Rangin, Pengobat Rindu Tempo Dulu

Ramenesia – Sudah umur berapa sekarang? Kalau Rameners yang membaca artikel ini sudah lebih dari 28 tahun dan sempat tinggal di daerah, berarti tahu dengan jajanan tradisonal gandos ini.

Orang Jakarta menyebutnya kue pancong. Kue yang banyak ditemukan di daerah Jawa ini rasanya sangat gurih karena berbahan dasar tepung beras dan di campur dengan santan serta diberikan garam secukupnya.

Kue ini biasanya berbentuk seperti setengah lingkaran atau melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm. Ciri khas lain adalah bagian luar atau kulitnya yang berwarna coklat dan dalamnya berwarna putih.

kue-pancong
src:http://www.kompasiana.com/wardhanahendra

Warna coklat kue gandos rangin ini disebabkan proses memasaknya yang langsung dihadapkan dengan api dan tanpa dibalik. Sehingga bagian bawah yang berhubungan langsung dengan cetakan akan mengalami warna coklat sebagai tanda matang.

Kue gandos rangin bagi sebagian orang dapat memberikan suasana nostalgia karena cita rasa yang dihasilkan jajanan ini. Sensasi gurih dan nikmat gandos menjadikannya populer masa itu.

Gandos merupakan jajanan tradisional tempo dulu yang saat ini sudah jarang penjualnya. Di beberapa daerah seperti Yogyakarta dan Solo sendiri sudah cukup susah mendapatkannya. Paling hanya satu atau dua penjual yang masih eksis.

Karena sudah tidak banyak lagi penjual gandos, maka menemukan penjualnya semacam sensasi dan keberuntungan sendiri. Jika Rameners lahir di tahun 90 kebawah, pasti dulu sering menjumpai gandos di pasar, alun-alun, bahkan pinggir jalan kadangkala ada.

Saat ini kalau Rameners tinggal di kota-kota besar, bisa menemukan kue gandos ini ketika ada event-event kuliner tradisional. Biasanya beberapa penjual ikut serta untuk menawarkan kue ini.

Kalau di Yogyakarta sendiri beberapa pasar tradisional masih ada yang jual, meskipun begitu tidak semua pasar tradisional. Di pasar Kranggan yang berlokasi sebelah barat Tugu Jogja, ada yang jual kue gandos rangin atau pancong ini.

Seorang blogger bernama Hendra Wardhana menceritakan kisahnya dikompasiana ketika menemukan kue gandos ini beberapa waktu lalu ketika sedang olahraga pada minggu pagi. Bahkan menurut beliau, rangin sendiri merupakan teman setianya semasa kecil dahulu.

Sempat membandingkan dengan kue gandos yang dibeli dua tahun sebelumnya disebuah cafe, Hendra menemukan gap antara kue yang otentik sentuhan pedagan biasa dengan kue yang sudah kena sentuhan cafe ataupun restoran.

resep kue rangin, resep kue bandros
src:www.kompasiana.com/wardhanahendra

Laki-laki paruh baya asal Pekalongan, Jawa Tengah bernama Pak Ngatno ini yang akhirnya dapat mengobati rasa rindu Hendra dengan jajanan masa kecilnya. Walapun Pak Ngatno sendiri baru 2 tahun berjualan ketika itu, namun sajian kue gandosnya mampu menghadirkan nuansa nostalgia.

Bandros, kata laki-laki penjual kue gandos ini. Ya, ternyata kue ini punya nama lain lagi, di daerah pekalongan dan sekitarnya mereka menyebutnya kue bandros. Hmm, ternyata tidak hanya tiga nama yang disebut diatas ya, sekarang sudah empat nama untuk kue gurih ini. Luar biasa.

Kue bandros ditabur gula, nikmat dan kenangan, mungkin begitu yang dipikrkan Hendra ketika menunggu antri dan melihat Pak Ngatno menyiapkan pesanan.

Bagi yang ingin membuat kue gandos, rangin, pancong atau bandros ini sangat mudah. Cetakkan yang digunakan juga mudah dijumpai, yaitu cetakan kue pukis.

Resep Membuat Kue Rangin, Gandos, Pancong atau Bandros Yang Enak dan Gurih

kue-bandros
src:http://www.kompasiana.com/wardhanahendra

Bahan-bahan:

  1. 1/4kg tepung beras.
  2. 1lt santan.
  3. 1/4kg kelapa muda yang sudah diparut.
  4. 2butir telur ayam dikocok.
  5. 1/2sdm garam.
  6. Margarin untuk olesan di cetakkan.
  7. 50gr gula pasir atau sesuai selera untuk topping atau taburan.

Cara Membuat Kue Rangin yang Enak, Gurih, dan Lezat:

  1. Siapkan baskom dan campurkan semua bahan-bahan yang disiapkan tadi kecuali gula dan margarin.
  2. Aduk bahan yang sudah dimasukkan tersebut hingga tercampur merata dan sempurna
  3. Panaskan cetakkan kue rangin dan olesi margarin pada cekungan-cekungannya.
  4. Jika sudah panas, tuangkan adonan tadi pada cetakkan sampai hampir penuh pada semua lubang cetakkan dan jangan lupa ditutup sehingga cepat matang.
  5. Jika sudah matang, angkat, dan taruh di piring untuk disajikan.
  6. Taburi kue gandos yang sudah jadi tersebut dengan gula.

Bagaimana Rameners? Mudah bukan membuat kue bandros atau rangin sendiri. Jika punya trik lain untuk menikmati kue ini dengan sensasi tersendiri, silahkan bagikan dengan yang lain melalui kolom komentar dibawah ini.

 

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *