Perawatan dan Cara Terbaru Lovebird Ngekek Panjang

Ramenesia.com – Lovebird merupakan burung yang termasuk dalam golongan jenis Genus Agapomis. Jenis golongan burung yang memiliki tampilan fisik yang cantik nan menawan. Selain keindahan fisiknya ini, burung yang memiliki bentuk paruh bengkok juga memiliki suara yang cukup menarik perhatian. Ciri khas dari suara burung ini adalah ngekeknya yang panjang.

Dengan keindahan fisiknya serta kemampuan berkicau yang indah, burung kicauan ini banyak dicari oleh para penggemar burung kicauan. Banyak pengemar burung kicauan yang menginginkan lovebirdnya menjadi burung kicauan yang handal dengan ngekeknya yang panjang. Perawatan dan cara lovebird ngekek panjang bukan hal yang bisa terjadi dengan instan.

Untuk menghasilkan burung lovebird yang bisa ngekek panjang, tidak hanya pemberian pakan – pakan yang terbaik dan memiliki nutrisi yang lengkap. Pola perawatan dan cara lovebird ngekek panjang juga harus diperhatikan. Pola perawatan lovebird berbengaruh besar pada ocehan lovebird ini. Selain pakan yang harus diberikan sesuai kebutuhan burung lovebird, perawatan hariannya juga harus diperhatikan dengan benar, dilaksanakan secara baik, teratur, konsisten, dan disesuaikan dengan karakter dari burung lovebird itu sendiri. Perawatan yang baik seperti itu akan menghasilkan peluang yang lebih besar untuk menghasilkan burung lovebird yang mampu ngekek panjang.

Cara lovebird ngekek panjang tidaklah rumit untuk dilaksanakan. Merawat burung lovebird agar rajin buka paruh tidak terlalu jauh berbeda dari setelan harian yang biasa dilakukan oleh para penggemar burung kicauan lainnya. Perawatan lovebird agar bisa ngekek panjang seperti, pemberian pakan yang rutin dan sesuai dengan kebutuhan burung lovebird, rutin memandikan burung lovebird hingga basah kuyup, serta pemberian vitamin agar burung lovebird rajin ngekek dengan durasi yang lebih panjang. Untuk lebih jelasnya, akan di ulas beberapa hal yang dapat dilakukan agar burung lovebird bisa ngekek panjang.

Beberapa cara lovebird ngekek panjang akan diulas dengan lebih lengkap dan jelas seperti di bawah ini:

  • Rutin Memandikan Hingga Basah Kuyup

cara memandikan lovebird
img:duniabinatang.com

Memandikan burung lovebird hingga basah kuyup ternyata merupakan cara untuk memicu stamina burung. Sehingga cara ini memungkinkan untuk membuat burung lovebird mampu ngekek dengan durasi yang lebih panjang. Waktu yang diperlukan untuk untuk memandikan burung ini tidak berbeda dengan waktu memandikan burung kicauan yang lainnya yaitu di pagi dan siang hari.

Memandikan burung lovebird harus memperhatikan waktu yang tepat, burung harus sempat dijemur setelah dimadikan sampai basah kuyup. Saat pagi hari, burung bisa dimandikan pada pukul 07.00. Setelah mandi hingga basah kuyup segera jemur burung sampai kurang lebih selama 3 jam, setelah itu diangin – anginkan selama 15 menit.

Sedangkan untuk siang hari, burung bisa dimandikan pada pukul 12.00. Saat sore hari, ketika burung sedang tidak dimandikan, bisa digunakan untuk memasternya dengan suara lovebird dari media MP3.

  • Setelan Pakan Lovebird

Kemampuan berkicau burung lovebird sangat dipengaruhi oleh pakan yang diberikan setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi burung lovebird, lebih baik apabila makanan yang diberikan setiap harinya bervariasi. Jika pakan yang diberikan tidak bervariasi, bisa menyebabkan burung lovebird terancam obesitas. Selain pemberian pakan yang bervariasi, makanan lovebird biar rajin ngekek juga sebaiknya diberi tambahan pakan berupa buah – buahan atau sayuran.

  • Pemberian Multivitamin

Hal ini dilakukan agar kesehatan burung lovebird selalu terjaga serta berguna untuk menunjang perkembangan kicauan burung ini. Selain pemberian multivitamin, untuk menjaga kesehatan burung juga harus selalu menjaga kebersihan sangkarnya.

Burung lovebird yang sehat pastinya kicauannya sangat merdu didengar dan juga indah dipandang kecantikannya. Sehingga tentunya bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Anda para pecinta lovebird terlebih lagi jika Anda memang mempersiapkan lovebird Anda untuk perlombaan pastinya Anda harus melakukan perawatan khusus untuk lovebird.

Tidak hanya dari segi makanan dan minuman tetapi cara perlakuan dan vitamin lovebird serta mineral tambahan juga sangat perlu diperhatikan. Selain vitamin-vitamin yang dapat diperoleh dari bahan-bahan alami juga banyak tersedia vitamin-vitamin khusus untuk lovebird.

Ada yang untuk agar lovebird cepat bertelur ada yang untuk kecantikan bulunya dan ada juga yang untuk agar lovebird dapat ngekek dengan merdu dan keras. Semua itu tersedia dengan berbagai merk maka anda dapat memilihkan vitamin yang sesuai untuk lovebird yang anda miliki.

Dari ketiga cara diatas jika dilakukan dengan cara konsisten lovebird yang kamu miliki akan menghasilkan lovebird ngekek panjang. Selain itu sering-seringlah ikut lomba dan bertukar pikiran dengan para kicau mania yang lain. Karena terkadang mereka punya tips-tips sendiri untuk menjadikan lovebird kesayanganya semakin berkicau dan ngekek panjang.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *