Penyebab dan Cara Mengobati Mata Bintitan

Ramenesia – Bangun tidur beberapa hari yang lalu terasa aneh, tiba-tiba mata bagian kanan terasa perih dan mengganjal. Aku pikir karena semalaman tidur hadap kanan dan mata terkena bantal sehingga terasa sedikit perih dan berat.

Karena kebiasaan bangun tidur adalah minum, meskipun lampu masih dimatikan sehingga gelap tapi kalau mata sudah melek tetap bisa meraih tumbler air minum akibat pantulan cahaya dari luar yang terkena tembok. Minum air saat bangun tidur buat aku dapat membuka mata lebih cepat karena segar sekaligus dapatmengembalikan cairan tubuh yang hilang saat kita tertidur.

source:cara-hidupsehat.com
source:cara-hidupsehat.com

Tapi bangun tidur subuh itu memang sedikit mengganjal sampai akhirnya lampu aku hidupkan dan lihat kaca. Etdah mataku bintitan, ada warna putih kecil dikelopak mata yang kanan. Masih biasa aja sih soalnya pernah dan sehari hilang.

Jam 07.00 masih biasa aja buat olahraga meskipun ada yang mengganjal dan sedikit perih karena terkena mata sampai sore harinya Astaghfirrullah makin gede *tepok jidat* ! Pantas makin terasa berat dimata dan semakin berair, yang awalnya seperti titik warna putih sudah semakin membengkak.

Penyebab bintitan sendiri karena bakteri stafilokokus dan bakteri ini seringkali hidup di kulit manusia tapi tanpa menyebabkan sebuah penyakit. Selain bakteri bisa juga disebabkan karena peradangan pada kelopak mata atau disebut juga blefaritis.

Karena tidak mau lama-lama bintitan ganggu mata sekaligus menjadi pusat perhatian, akhirnya berusaha cari obat yang aman dengan tanya simbah Google, browsing sana sini, cari di Youtube acaranya Dr. Oz malah ketemunya letak-letak jerawat sebagai pertanda penyakit.

Setelah browsing sana sini, ketemulah artikel di vemale.com dan nemu 7 cara cepat sembuhkan mata bintitan tanpa obat dokter yang bisa kita pakai.

1. Mengobati Mata Bintitan Dengan Kantong Teh

Diartikel tersebut pertama yang ditulis cara mengobati mata binititan adalah dengan kantong teh. Bagaimana caranya? Silahkan kamu bikin teh tawar dengan teh celup, kantong teh celup tersebut jangan langsung dibuang, tapi gunakan untuk mengompress mata yang bintitian tersebut.

Kompreskan kantong teh tersebut ketika masih dalam keadaan hangat dan biarkan dalam waktu 10 menit. Celup lagi kedalam teh tawar yang hangat tadi dan ulangi pengompresan. Jangan lupa untuk mengulangi sampai 5 kali sehari.

2. Mengobati Mata Bintitan Dengan Minyak Kelapa

src:prosesdetox.com
src:prosesdetox.com

Untuk mengobati dengan minyak kelapa cukup ambil cotton bud kamu dan minyak kelapa secukupnya. Celupkan cotton bud kamu tadi dan oleskan kemata yang bintitan dan biarkan sampai minyak mengering.

Jika minyak sudah mengering celup dan oleskan lagi minyak kelapa kemata. Ulangi terus ketika minyak mengering. Jangan lupa untuk menutup mata agar lebih nyaman ketika kamu mengoleskan minyak kelapa tersebut.

3. Mengobati Mata Bintitan Dengan Daun Bunga

Dengan daun bunga? Maksudnya? Yuk baca dulu biar tidak bingung! Jadi kamu bisa menyembuhkan mata binititan dengan daun bunga apapun, cukup ambil daun bunga di taman. Kemudian daun bunga itu kamu remas dan oleskan pada mata bintitan.

Setelah dioleskan selanjutnya biarkan saja selama 15 menit, jangan lupa untuk mengompres dengan kain basah yang sudah dicelup air hangat. Tapi meskipun mataku lagi bintitan, aku belum mau mencoba cara yang diterbitkan oleh editor mbak Febi Anindyairana di Vemale ini. Coba cara yang lain dahulu.

4. Mengobati Mata Bintitan Dengan Kunyit

Kalau menggunakan kunyit, cukup parut kunyit segar secukupnya, lalu oleskan kemata yang bintitan agar cepat sembuh. Kunyit memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan menyembuhkan bisa sangat efektif menyembuhkan mata bintitan. Terus ulangi minimal 2-3 kali sehari.

5. Mengobati Mata Bintitan Dengan Minyak Kayu Putih

Cara ini sedikit ekstrem, karena melibatkan minyak kayu putih, aku sendiri tidak berani menggunakan cara ini untuk mengobati mata bintitan. Kalau mau tau caranya silahkan simak, tapi kalau tidak langsung lewati saja ke cara selanjutnya.

Ambil cotton bud dan celupkan ke dalam minyak kayu putih laluu oleskan kebagian mata yang bintitan. Jangan lupa menutup mata untuk menghindari minyak kayu putih masuk ke mata. Atau bisa dengan celupkan kapas ke dalam minyak kayu putih, lalu dinginkan dulu di freezer kulkas, kemudian kompresskan mata dengan kapas dingin tersebut.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Ambillah lidah buaya kemudian tumbuk atau haluskan. Setelah halus oleskan kedalam mata yang bintitan dan biarkan mengering. Setelah selesai hapus dengan air hangat. Ulangi langkah ini 2-3 kali sehari.

7. Menggunakan Garam Laut

Silahkan kamu ambil garam laut kemudian larutkan dengan air hangat. Kemudian ambil kapas dan celupkan kapas kedalam air garam tersebut. Kompres mata bintitan dengan kapas celupan air garam hangat tadi.

Kalau kamu atau keluarga dan kerabatmu sedang mengalami bintitan seperti aku sekarang ini, kamu bisa menggunakan cara diatas agar cepat sembuh.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *