Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Benar

Salah satu proses yang harus dilewati agar tumbuhan yang ditanam dapat tumbuh optimal adalah dengan cara dipupuk. Seperti kita tahu, tujuan pemupukan adalah untuk memenuhi jumlah kebutuhan hara dalam tanah baik mikro ataupun makro sehingga struktur tanah dapat diperbaiki dan tumbuhan dapat berkembang maksimal.

Pemupukan dilakukan kepada hampir semua jenis tumbuhan dengan tujuan produktifitas, apalagi dengan hasil panen untuk diekspor seperti kelapa sawit. Pada cara budidaya kelapa sawit, pemupukan merupakan langkah yang krusial terutama terkait jenis dan banyaknya pupuk serta waktu ketika melakukan pemupukan.

bibit kelapa sawit

Setiap orang memiliki metode pemupukan yang berbeda – beda ketika menjalankan usaha kelapa sawit, namun kali ini akan ramenesia.com bagi cara pemupukan yang sudah biasa dilakukan pebisnis kelapa sawit bertahun – tahun. Sebelum melakukan metode pemupukan kelapa sawit, pastikan dahulu disekitar tumbuhan kelapa sawit sudah bersih. Piringan sawit harus dibersihkan. Bagi yang belum tahu, Piringan sawit adalah bulatan disekitar pohon sawit. Selanjutnya lihat dibawah ini cara memupuk yang baik :

  • Bersihkan Piringan Kelapa Sawit

Piringan kelapa sawit wajib dibersihkan supaya hama tidak mengganggu proses pemupukan. Piringan kelapa sawit dibersihkan sepanjang satu meter mengelilingi pohon. Jangan lupa membersihkan sekeliling kelapa sawit dari rumput liar.

  • Rata Setengah Meter

Untuk tanah datar silahkan lakukan pemupukan dengan merata spanjang setengah meter dari pohon dan secara melingkar mengelilingi pohon.

pupuk kompos

  • Tepat Lokasi

Lakukan penyebaran pupuk tepat pada pohon kelapa sawit yang memiliki akar – akar rambut dengan jumlah paling banyak. Letak tersebut kebanyakan terdapat pada mahkota daun area terluar dari tumbuhan budidaya kelapa sawit.

  • Gunakan Alat Takar

Selalu gunakan alat takar dalam proses pemupukan kelapa sawit, hal ini dilakukan supaya dosis yang diberikan tepat pada tumbuhan karena penggunaan berlebihan dapat menyebabkan efek buruk bagi tumbuhan. Jika menggunakan pupuk cair organik, pastikan baca petunjuk pada kemasan pupuk agar dapat merangsang produktifitas kelapa sawit secara optimal.

  • Waktu dan Musim Yang Tepat

Pastikan selalu melakukan pemupukan kelapa sawit di waktu dan musim yang tepat. Cara ini dilakukan supaya tumbuhan kelapa sawit tidak terganggu pertumbuhanya.

waktu pemupukan kelapa sawit

Dari lima proses pemupukan diatas, silahkan lakukan konsistensi dalam menjalankan. Jika Anda baru mau memulai usaha, silahkan baca artikel cara budidaya kelapa sawit atau bisa juga baca analisis usaha ikan lele jika Anda berminat usaha budidaya ikan lele. (ramenesia.com)

About the author: ramenesia

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *