9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Jahe, rempah yang satu ini memang terkenal dan terpercaya dapat menghangatkan tubuh ketika diminum. Karena sifatnya yang dapat menghangatkan badan ini, membuat perusahaan – perusahaan terkenal membuat minuman dari tumbuhan herbal dengan nama latin Zingiber Officinale ini.

manfaat dan khasiat jahe

Di pasar tradisional, jahe yang beredar memiliki setidaknya 3 varietas:

  1. Jahe Gajah : karakteristik jahe gajah memiliki daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jahe ini jika diseduh tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain, oleh karena itu sangat diminati masyarakat.
  2. Jahe Kuning : Jahe ini idola para ibu – ibu untuk memasak. Masakan yang dihasilkan akan memiliki aroma dan rasa yang sangat tajam.
  3. Jahe Merah : Dari dua variant jahe diatas, jahe merah paling banyak memiliki kandungan minyak atsiri. Dari segi rasa, jahe merah paling pedas dan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat.

Dari macam – macam jahe tersebut, menurut penelitian para ahli, manfaat jahe tidak hanya sebagai penghangat tubuh, namun masih banyak manfaat tersembunyi yang tidak diketahui masyarakat.

Apa saja ? Dirangkum oleh ramenesia.com manfaat jahe seperti berikut yang mungkin belum Anda ketahui:

Meringankan Rasa Capek dan Pegal

Jika Anda capek berolahraga dan merasakan pegal dibadan, silahkan minum buat minuman jahe. Hasil studi yang dilakukan tahun 2009 menyatakan rasa capek, pegal dan nyeri akibat peradangan otot habis olahraga dapat menurun dengan konsumsi 2 gram jahe setiap hari.

Menurunkan Berat Badan

Jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dalam tubuh. Selain itu jahe memiliki kalori yang sangat kecil, sehingga tidak mempunyai manfaat menggemukkan tubuh.

manfaat jahe merah

Nyeri Sendi Berkurang

Osteoarthritis atau nyeri sendi dapat diderita oleh siapa saja. Hasil penelitian menyebutkan nyeri sendi dapat berkurang dengan cara mengoleskan hasil racikan jahe, minyak wijen dan cinnamon.

Obat Anti Mabuk

Sering ditawari penjual permen jahe ketika naik bus ? Ternyata jahe dapat mencegah mabuk perjalanan ketika sedang berpergian.

Menjaga Jantung

Pola konsumsi yang tidak sehat dapat menyebabkan risiko penyakit kolesterol dan jantung. Jahe dapat menurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

Cegah Alzheimer

Kandungan yang ada didalam jahe ternyata dapat berfungsi untuk mencegah penyakit alzheimer. Hal ini karena didalam jahe terdapat kandungan antioksidan dan bioaktif yang dapat berfungsi mengurungai resiko menurunnya kemampuan kognitif otak.

Menghajar Infeksi

Didalam jahe terdapat zat yang namanya Gingerol. Peran gingerol dalam jahe terbukti dapat memerangi bakteri jahat yang menyebabkan gingivitas (gusi bengkak) dan periodontitis ( infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi )

Mengatasi Morning Sickness

Bagi ibu hamil pasti pernah mengalami morning sickness atau rasa mual dipagi hari. Cobalah minum jahe dipagi hari, karena dapat mengatasi morning sickness Anda.

Mencegah Kanker Usus

Salah satu universitas di Amerika Serikat memberikan laporan mereka kalau rutin mengkonsumsi minuman berbahan dasar jahe dapat mencegah kanker usus.

Dari sembilan manfaat diatas mungkin beberapa sudah pernah Anda dengar dan mungkin sebagian belum. Terlepas dari itu bahwa jahe ternyata memilii banyak manfaat untuk tubuh manusia, apalagi berbahan dasar alami. (ramenesia.com)

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *