Makanan Lovebird Biar Rajin Ngekek

Ramenesia – Lovebird, burung yang memiliki ciri khas gacor ngekek ini banyak digemari oleh para kicau mania. Bulu-bulunya yang indah nan menawan sangat cocok untuk dijadikan burung hias. Aves paruh bengkok ini dulunya hanya dijadikan sebagai burung hias saja.

Siapa sangka, burung ini naik level menjadi burung primadona karena ternyata suara lovebird sangat menjanjikan. Kicauannya yang mumpuni menjadikan burung ini memiliki arena tersendiri dalam lomba kicau mania. Bahkan ada jenis lovebird termahal dan paling bagus untuk lomba.

harga dan ciri lovebird topeng hitam

Suara lovebird gacor bahkan mampu berdurasi panjang. Sekali tarik nafas untuk ngoceh, burung ini mampu bersuara sampai SATU MENIT. Ini menjadi salah satu penentu juri untuk melakukan penilaian terhadap burung lovebird juara.

Atau dengan bahasa lain, semakain panjang suara gacor ngekeknya, maka peluang juara burung lovebird semakin besar dan memiliki prestasi tersendiri. Jika memiliki banyak prestasi maka harga jual lovebird akan semakin mahal.

Namun untuk membuat burung lovebird kesayangan kamu ngekek berdurasi panjang, tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Pasalnya selain cara perawatan lovebird, pakan atau makanan lovebird yang kamu berikan setiap hari juga menentukan potensi burung ini.

Pastikan makanan serta cara perawatan lovebird sesuai dengan karakter burung lovebird kamu. Dengan kesabaran niscaya hasil yang akan didapatkan dari lovebird tersebut sangat memuaskan. Sebaliknya, jika kamu mengabaikan masalah makanan dan cara merawat lovebird maka penampilannya akan biasa-biasa saja.

4 Cara Mudah Merawat Burung Lovebird

  1. Rutin memandikan lovebird peliharaan kamu.
  2. Jemur setiap pagi agar terkena sinar matahari pagi.
  3. Bersihkan kandang dengan rutin, sehingga burung akan selalu sehat dan lincah.
  4. Lakukan pemasteran lovebird.

Sedangkan untuk makanan lovebird juga tidak terlalu rumit bagi para pecinta kicau mania. Golongan Aves dengan Genus Agapornis merupakan burung dengan jenis pakan golongan alami bukan racikan.

4 Makanan Alami Burung Lovebird Biar Rajin Gacor

1. Jagung Manis

makanan lovebird

Tidak hanya manusia yang menyukai jagung manis sebagai makanan cemilan, lovebird pun suka dengannya. Kenapa jagung manis merupakan makanan lovebird biar ngekek, karena didalam jagung manis banyak terdapat vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh burung ini agar lovebird rajin gacor.

Kandungan yang terdapat dalam jagung manis adalah vitamin B dan C, beta karoten, folat, dan, crypthoxanthin. Kandungan itu dipercaya dapat menjaga kesehatan mata burung. Selain itu kandungan tersebut diklaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh lovebird dan memperkuat ototnya.

Usahakan memberikan jagung manis yang masih muda, karena tekstur jagung manis muda lebih lunak sehingga mudah dikonsumsi oleh burung dari pada jagung yang tua.

2. Toge atau Kecambah

Untuk diketahui, dalam kecambah terdapat kandungan-kandungan seperti karbohidrat, protein, energi, lemak, zat besi, kalsium, serat, fosfor, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan C . Kandungan tersebut diperlukan lovebird untuk pertumbuhan, kesehatan, dan meningkatkan skill berkicaunya.

biji-kenari

3. Biji Kenari

makanan lovebird terbaik

Makanan burung satu ini mungkin menurut kamu identik dengan burung kenari ataupun parkit. Namun jangan salah karena burung lovebird juga gemar menyantap biji kenari. Kandungan biji kenari diperlukan untuk pertumbuhan burung lovebird lho.

Dalam canary seed atau biji kenari mengandung protein, hidrat arang dan lemak. Biji kenari diklaim dapat menyegarkan tubuh dan menambah stamina burung.

Tidak hanya itu, bagi kamu pecinta kicau mania, maka pasti tahu kalau biji kenari dapat membenahi suara serak pada burung bahkan merangsang burung untuk buka paruh agar mengeluarkan suara nyaringnya padahal sebelumnya enggan untuk bersuara.

Biji kenari untuk lovebird yang bagus adalah yang sudah tua. Ciri-ciri biji tersebut berwarna kuning mengkilap, bersih, kering dan tentunya tidak mengeluarkan bau.

Untuk menghindari obesitas pada lovebird, sebaiknya tidak berlebihan memberikan biji kenari kepada lovebird kesayangan kamu, karena canary seed mengandung.

 

4. Biji Gandum / OatHaver

Oat dipercaya para pecinta burung lovebird mampu menjadi penenang dan mempercepat proses burung yang sedang mabung / moulting. Sehingga burung tidak mengalami stress, membuat burung tidak rentan iritasi karena biji oat mampu memperbiaki struktur kulit.

Mabung atau moulting, sebagian lagi menyebut molting artinya adalah bergantinya bulu tua secara periodik pada golongan aves (burung). Biasa juga disebut rontok atau meranggas.

Selain itu manfaat biji oat sebagai makanan burung lovebird adalah dapat membenahi system organ tubuh terlebih pada pencernaan burung, membuat peredaran darah dan jantung menjadi lebih lancar karena mampu memperkecil serangan kolesterol jahat.

Pada burung yang baru sembuh dari sakit, biji oat sangat disarankan untuk memulihkan kondisi burung dan mengembalikan body burung yang awalnya kurus menjadi gemuk.

Untuk lovebird indukan, biji lovebird sangat bagus untuk diberikan untuk menyuapi atau meloloh anaknya. Karena akan merangsang pertumbuhan burung lovebird menjadi lebih cepat.

Keempat makanan burung lovebird tersebut dapat kamu jadikan menu agar burung lovebird menjadi rajin ngekek atau gacor. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan alami yang sangat bagus dibutuhkan oleh burung lovebird sehingga menjadi burung yang memiliki kualitas dan berprestasi sehingga akan mempengaruhi harga jual burung lovebird kamu.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *