Makanan Ikan Lele

Usaha ternak lele yang Anda bangun tidak akan terlepas dari pengetahuan dari lele tersebut termasuk makanan ikan lele. Anda harus menegerti dan paham tentang jenis pakan ikan lele dipasaran.

Pakan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan jika Anda budidaya ikan lele atau bahkan ternak yang lain. Jangan sampai sembarangan ketika berbicara soal pakan ternak lele, karena ini akan mempengaruhi target produksi panen usaha ternak lele Anda.

Makanan ikan lele yang bagus dan tepat frekuensi aturan pemberiannya akan dapat menguntungkan bagi pengusaha budidaya ikan lele. Maka dari itu akan kami berikan rahasia makanan lele yang dipakai para pengusaha ikan lele sukses seperti berikut:

  • Makanan Ikan Lele Pelet Buatan Pabrik

pelet lele

Jenis pakan lele ini paling banyak digunakan oleh para pembudidaya. Makanan ikan lele jenis ini diproduksi oleh pabrik dengan komposisi yang mengandung campuran seperti tepung (terigu, daging, ikan, tulang), bungkil kedelai dan kelapa, mineral, dedak, minyak serta tambahan dari berbagai macam vitamin yang dibutuhkan sebagai makanan ikan lele.

Pelet sendiri dipasaran terdapat dua jenis yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Meskipun dua sifat pelet ini berbeda tapi dua – duanya sangat disukai ikan lele.

Banyak perusahaan yang memproduksi pelet ikan lele, jadi Anda harus lebih selektif terutama pilihlah pelet dengan kadar protein yang tinggi. Pelet tinggi lebih banyak pada pelet apung, makanya pelet tenggelam oleh para peternak ikan lele diberikan saat akhir musim saat mau panen.

  • Makanan Ikan Lele Tambahan

Pakan lele tambahan dipakai untuk pembesaran ikan lele sekaligus untuk meminimalisir biaya produksi usaha budidaya ikan lele. Makanan tambahan ikan lele tidak boleh diberikan terlalu banyak. Idealnya pakan tambahan lele diberikan 10 hari menjelang masa panen.

Dengan adanya makanan lele tambahan, para peternak lele diluar sana mulai mengurangi pakan lele pelet tenggelamnya hal ini akan bisa dihitung melalui analisis usaha ternak lele.

Makanan ikan lele tambahan yang biasanya dipakai oleh para peternak adalah daging ayam sisa, ikan dipotong – potong, dll. Dan hal yang tidak boleh dilupakan adalah pakan lele tersebut harus memiliki kandungan protein yang tinggi dan punya gizi yang cukup sehingga ternak ikan lele Anda dapat tumbuh dengan maksimal. Jangan lupa kebersihan makanan tambahan harus terjamin karena itu untuk kesehatan ternak lele Anda.

  • Makanan Ikan Lele Organik atau Alami

Kutu air
Kutu air

Pakan organik adalah makanan yang berasal dari bahan – bahan alami yang mengandung protein tinggi. Makanan organik lele sangat bagus untuk pertumbuhan ternak ikan lele.

Sebagai contoh cacing sutera sebahai pakan organik. Cacing sutera sangat cocok untuk budidaya ikan lele ketika proses pembenihan atau ketika benih lele berumur 4 sampai 13 hari.

Selain cacing sutera, makanan ikan lele yang sering dipakai adalah plankton, kutu air, mikroorganisme, cuk atau uget – uget.

Silahkan Anda terapkan dari ketiga jenis makanan ikan tersebut pada usaha ternak lele sehingga Anda tau cara memelihara ikan lele dengan benar. (ramenesia.com)

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *