10 Kebiasaan Penyebab Rambut Rusak dan Kering

Ramenesia – Rambut adalah aset dari seorang wanita, bahkan ada ungkapan rambut merupakan mahkota wanita. Sebagai sebuah mahkota maka sudah sepantasnya harus dirawat dengan baik agar tetap indah.

Untuk memiliki rambut yang indah dibutuhkan konsistensi dalam melakukan perawatan jika tidak ingin mengalami kerusakan bahkan rontok. Banyak faktor penyebab rambut rusak dan rambut rontok yang harus kamu ketahui supaya dapat menghindarinya sebelum menyemir rambut sendiri.

Kebiasaan Penyebab Rambut Rusak dan Kering

1. Menyisir Rambut Basah

Menyisir rambut ketika basah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Padahal kebiasaan menyisir rambut saat basah dapat menyebabkan kerusakan pada rambut kamu. Keringkan dahulu rambut basah kamu ketika habis mandi, baru kemudian disisir yang rapi.

2. Salah Cara Mengeringkan Rambut

Pasti ketika habis mandi kamu sering mnegeringkan rambut dengan cara menggosok-gosok dengan handuk. Menurut artikel di femina.co.id, cara tersebut tidak baik untuk rambut karena menyebabkan kerusakan rambut. Cukup tekan-tekan rambut basah kamu dengan handuk, tidak perlu digosok-gosok.

3. Salah Cara Menggunakan Hairdryer

Masih sering menggunakan hairdryer dengan suhu tinggi untuk mengeringkan rambut? Mulai sekarang rubah kebiasaan buruk kamu. Karena cara tersebut dapat merusak rambut. Gunakan hairdryer dengan psuhu rendah untuk mengeringkan rambut.

penyebab rambut rusak

4. Salah Memilih Shampo

Pilihlah shampoo sesuai dengan karakter rambut kamu. Jangan asal memilih shampoo karena setiap orang memiliki karakter atau tipe rambut yang berbeda-beda. Jika rambut kamu termasuk kategori rambut kering, pilihlah produk shampoo yang sesuai dengan rambut kamu.

Untuk diketahui, jangan memilih shampoo yang memiliki banyak busa, karena shampoo dengan banya busa berarti mengandung banyak detergen yang dapat merusak pogmen rambut. Sehingga rambut menjadi kering dan kusam.

5. Sering Kena Sinar Matahari

Seperti kita ketahui sinar matahari dapat merusak kulit, begitu juga dapat merusak rambut indah kamu. Jika aktivitas kamu sering diluar ruangan, gunakanlah produk kesehatan rambut yang dapat melindungi rambut dari sinar matahari.

6. Menguncir Rambut

Rambut kuncir kuda pernah menjadi trend pada masanya. Bahkan masih banyak wanita yang suka menguncir rambutnya karena akan terlihat lebih cantik dan menarik. Namun menguncir rambut juga dapat menyebabkan masalah tersendiri bagi rambut kamu karena akan menyebabkan rambut patah nda rontok.

Sebaiknya hindari terlalu sering menguncir rambut agar rambut kamu tidak mudah rusak. Apalagi kamu menguncirnya dalam keadaan rambut basah, maka akan semakin menambah kerusakkan rambut.

7. Jarang Melakukan Olahraga

Jarang melakukan aktivitas olahraga selain membuat badan lemah dan tidak fit, juga dapat menyebabkan kerusakkan rambut seperti rambut rontok dan kering. Lakukan olahraga minimal 30 menit dalam satu minggu agar rambut indah kamu juga tetap terjaga dengan baik.

8. Jarang Minum Air Putih

Banyak orang susah mengkonsumsi air putih. Padahal jika kamu susah dalam minum air putih akan menyebabkan badan kurang cairan dan rambut kering sehingga rusak. Rutinkan untuk minum air putih minimal 2 liter perhari agar rambut tidak kering, badan menjadi segar dan cairan tubuh terjaga.

penyebab rambut rontok

9. Kurangnya Asupan Nutrisi Rambut

Seperti halnya tubuh, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi. Maka dari itu kamu harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut yaitu vitamin E, A, B kompleks, dan asam folat.

10. Menggunakan Pewarna Rambut

Sebagai seorang mencintai keindahan warna rambut, tidak jarang kamu akan sering mengganti warna rambutmu sesuai trend yang sedang berkembang. Tapi tahukah kamu kalau mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut yang disebabkan kandungan zat kimia dalam pewarna rambut.

Setelah mengetahui penyebab rambut rusak dan kering, maka kamu bisa mencegah dan mengatasi jika mengalami sendiri. Bisa juga memberitahu ketika pasangan, teman, ataupun kerabat mengalaminya.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *