Jenis Lovebird Termahal dan Paling Bagus Untuk Lomba

Ramenesia.com – Lovebird atau kalau dibahasa Indonesiakan menjadi burung cinta adalah satu dari sembilan spesies genus Agapornis. Agapornis sendiri dalam bahasa Yunani terdiri dari dua suku kata yaitu “agape” yang berarti cinta dan “ornis” yang berarti burung.

Ukuran jenis burung ini tergolong kecil dengan panjang 13 cm sampai 17 cm, dan hanya memiliki berat berkisar 40-60 gram. Asal lovebird sendiri sebenarnya bukan burung asli Indonesia, tetapi dari dataran Afrika dan sekitar Madagaskar.

Karena pola hidup burung ini pada habitat aslinya adalah berpasangan, dan dengan pasanganya selalu berdekatan, saling menyayangi satu sama lain maka dinamakan lah burung Lovebird. Meskipun badanya kecil, tapi umur hidup burung lovebird termasuk panjang yaitu bisa 10-15 tahun.

Jenis Lovebird Termahal dan Paling Bagus

1. Black Masked Lovebird atau Lovebird Topeng Hitam (Agapornis Personata)

lovebird topeng hitam

Sesuai dengan namanya, lovebird topeng hitam ini memiliki ciri khas warna hitam pada kepalanya. Badan dominan memiliki warna hijau dengan bulu di dadanya berwarna kuning. Paruh burung ini berwarna merah sedangkan warna matanya seperti berkaca mata putih.

Burung ini memiliki habitat asli di negara Tanzania, Burundi dan di budidayakan pertama kali di negara Kenya. Burung ini sayangnya susah dibedakan antara jantan dan betina dikarenakan keduanya hampir sama.

2. Fischer’s Lovebird (Agapornis Fischeri)

harga lovebird fischer
src:singing-wings-aviary.com

Jenis lovebird fischeri memiliki habitat asli di bagian selatan danau Victoria, Tanzania Utara. Ciri yang menonjol adalah kepala dan bagian atas burung ini berwarna orange, bagian badan dominan warna hijau namun bagian belakang (pantat) berwarna biru.

Selain ciri diatas, lovebird fischeri memiliki paruh berwarna merah sedangkan mata berkaca mata putih. Warnanya yang cerah menjadikan burung ini banyak dicari para pecinta lovebird di Indonesia.

3. Peach Faced Lovebird atau Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

harga lovebird muka salem
src:pets4homes.co.uk

Memiliki warna dominan hijau dengan muka merah muda dan bagian punggung bawah serta pantatnya berwarna biru, menjadikan burung ini masuk kategori lovebird cantik yang harus kamu miliki sebagai pecinta lovebird. Untuk paruhnya berwarna gading.

Lovebird muka salem banyak kita jumpai di daerah Afrika Selatan, Angola maupun Namibia. Postur tubuh jenis peach faced lovebird termasuk yang memiliki postur tubuh yang menawan. Sehingga jenis burung ini sangat diminat para pecinta burung lovebird.

4. Grey Headed Lovebird atau Lovebird Madagaskar (Agraponis Canus)

harga dan ciri lovebird madagaskar

Kalau kamu pecinta lovebird, pasti akan jatuh cinta dengan lovebird jenis ini. Sebagian besar warna burung ini hijau dengan warna dada abu-abu, tetapi antara badan dan punggung memiliki warna hijau yang berbeda. Hijau di badan lebih muda dari pada warna hijau di punggungnya.

Lovebird madagaskar ini terkenal sebagai jenis lovebird paling kecil dari pada spesies lainnya meskipun sebenarnya tipe ini bukan paling kecil. Di Indonesia sendiri spesies ini sangat langka sehingga harganya cenderung mahal.

5. Lovebird Pastel

ciri lovebird pastel kuning

Warnanya yang soft, membuat burung ini menjadi incaran bagi penggemar lovebird di Indonesia. Warna lovebird biasanya cenderung hijau ataupun kuning, maka lovebird pastel memiliki warna hijau muda ataupun kuning muda meskipun ada warna yang lebih muda dari pastel yaitu Dilute.

Di Indonesia sendiri lovebird pastel yang umum dijumpai adalah jenis Pasjo (Pastel Ijo), Paskun (Pastel Kuning), serta Lovebird Pasblue (Pastel Biru).

6. Lovebird Merah

ciri lovebird merah

Kamu harus membayar mahal untuk mendapatkan lovebird merah ini. Pasalnya di Indonesia sendiri lovebird merah sangat susah dijumpai. Kalaupun ada lovebird merah tersebut tidak seluruhnya berwarna merah tetapi ada warna kuningnya, orange atau putih.

Untuk harga lovebird merah yang masih muda bisa dibanderol lebih dari 1 juta. Sedangkan harga tersebut warna merahnyapun sudah tercampur, bukan polos. Untuk lovebird merah polos harganya pasti lebih mahal.

7. Lovebird Lutino

ciri lovebird lutino

Ciri fisiki lovebird latino adalah memiliki warna bulu yang dominan kuning dan merah. Seringkali bagian kepalanya merah atau orange sedangkan warna tubuhnya kuning.

Taukah kamu, harga lovebird lutino pada usia 2-3 bulan saja mencapai 2 jutaan rupiah, sementara untuk usia 5-6 bulan mencapai 7 jutaan, wow! Tentu kita setuju kalau lovebird ini masuk kategori lovebird dengan harga termahal.

Lovebird lutino merupakan lovebird termahal dan paling bagus untuk lomba, terutama lomba lovebird tercantik dan lomba kicau lovebird. Cocok buat kamu penggemar lovebird dan sering ikut lomba kicau mania.

8. Lovebird Halfsider

ciri lovebird halfsider

Diatas Lovebird Lutino, ada satu spesies lovebird termahal dan lovebird tercantik yang pernah ada, Lovebird Halfsider namanya. Jenis lovebird halfsider sangat sulit dikembangkan meskipun memiliki jenis ini termasuk lovebird tercantik yang ada.

Warna unik yang dimiliki adalah ciri fisik lovebird halfsider, setengah badanya memiliki warna putih, setengah lagi berwarna kuning, jadi jika kita mengamati dari samping akan tampak seperti dua lovebird dalam satu sangkar.

Uniknya lagi, perbedaan warna tersebut tepat digaris tengah tubuhnya. Untuk memiliki jenis ini, kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Harga lovebird halfsider bisa 20 kali harga lovebird biasa yang hanya sekitar Rp.750,000,-. Harga yang sepadan dengan unik dan langkanya spesies ini.

Untuk mengikuti lomba kicau mania diberbagai daerah, tentunya kamu harus memiliki lovebird yang bisa diandalkan. Sehingga jenis lovebirda paling mahal dan lovebird cantik diatas bisa dijadikan rujukan bagi kamu penggemar lovebird.

Tentu saja masih banyak jenis dan spesies lovebird tercantik dan termahal diluar sana yang belum tertulis disini. Jika kamu tau jenis-jenis tersebut, silahkan berikan pendapatmu di kolom komentar dibawah ini.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *