Ini Dia Jenis Ikan Discus Paling Dicari Serta Harganya

Ramenesia – Kamu baru cari ikan discus? Tepat sekali kamu mampir kesini, karena pada kesempatan kali ini Ramenesia akan bahas tentang ikan discus lebih dalam. Ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti piringan memang diburu oleh para pecinta ikan hias.

Bahasan Ramenesia tentang ikan discus tidak hanya meliputi jenis dan harga ikan ini, tetapi juga akan membahas mulai dari sejarah ikan discus, bagaimana cara memelihara, budidaya ikan discus serta makanan ikan cantik ini.

Sejarah dan Asal Usul Ikan Discus

Ikan discus merupakan bagian dari keluarga genus Symphysodon dan Cichlidae. Ikan yang namanya diadopsi karena tubuh berbentuk piringan ini lahir di daratan Amerika, lebih tepatnya daerah sungai Amazon.

Pada umumnya saat ini ikan discus dapat dibedakan dari corak warna yang menempel tersendiri pada setiap tubuhnya. Warna cantik ikan discus, menjadikan ikan ini menjadi primadona tersendiri bagi pecinta ikan hias tanah air.

Berdasarkan warna dan corak serta istimewanya pola garis melintang melekat pada tubuhnya itu yang membedakan harga ikan discus antara satu dengan lainya. Jika pola garis tersebut semakin cerah dan pola batik yang terbentuk semakin istimewa, maka harga ikan discus yang ditawarkan semakin mahal.

Harga bibit ikan discus relatif murah, harga tiap ekornya berkisar Rp2.000,00 – Rp10.000,00. Sedangkan harga ikan discus dewasa berkisar antara Rp20.000,00 – Rp.100.000,00. Tentunya harga tersebut biasanya berdasarkan jenis dan corak yang dimiliki.

Jenis Dan Harga Ikan Discus Mahal dan Cantik

1. Ikan Discus Angel Blue Diamond

jenis dan harga ikan discus
src:discusfish.com

Jenis ikan discus Angel Blue Diamond ini punya corak khusus yaitu warnanya yang biru polos. Untuk mendefiniskan biru seperti apa yang ikan ini miliki, maka kita bisa melihat warna biru pada telor asin yang sedikit ada corak putihnya. Tingkat kualitas ikan discus jenis ini bisa dilihat jika warnanya sedikit bercahaya.

2. Ikan Discus Gold Yellow Diamond

jenis dan harga ikan discus gold yellow diamond
src:goldenstatediscus.com

Ciri ikan Discus Gold Yellow Diamond adalah warnanya yang kuning menyala, sesuai dengan nama jenis ikan cantik ini.

Selain warnanya yang kuning, ikan ini makin cantik dengan coraknya binitik-bintik putih di bagian sirip dan sekitar matanya.

3. Ikan Discus Checker Board Pigeon

ikan discus checker board
src:aquarist-classifieds.co.uk

Ciri ikan Discus Checker Board Pigeon yaitu mempunyai warna dasar putih dan dihiasi dengan corak berwarna merah. Corak ikan ini seperti goresan, tetapi goresan tersebut tidak lurus namun berpola dan bagian kepala berwarna kekuningan.

4. Ikan Discus Red Ribbon

ikan discus red ribbon
src:binatangpeliharaan.org

Ciri ikan Discus Red Ribbon ini memiliki warna yang kuning dan sebagian agak kemerah-merahan. Pola batik yang membentuk ikan ini lebih cenderung panjang-panjang dan dihiasi seperti lukisan di sekujur tubuhnya dengan warna putih.

5. Ikan Discus Pearl Pigeon

ikan discus pearl pigeon
src:chicagodiscus.com

Ciri ikan Discus Pearl Pigeon yang khas adalah pola batiknya cenderung berbentuk bulat-bulat. Inilah yang membedakan ikan jenis ini dengan jenis Discus Red Ribbon. Warna dasar ikan ini adalah putih, dengan corak seperti bintik-bintik kecil disekujur tubuhnya.

Dengan bagian kepala berwarna orange, menjadi perpaduan warna yang cantik sehingga ikan jenis ini sangat digemari oleh para kaum hawa yang hobi ikan hias.

6. Ikan Discus Marlboro Red

ikan discus dan harga marlboro red
src:th.all.biz

Warna ikan Discus Marlboro Red sangat cantik bahkan terlihat seperti menyala. Warna merah menyala tersebut terdapat juga di daerah siripnya. Ciri lain ikan ini, di bagian sirip sampai sekitar matanya ada pola titik-titik putih dan ekornya ada sedikit kehitam-hitaman.

Jenis ikan discus diatas adalah jenis yang sering para pecinta ikan hias cari. Untuk pakan ikan discus, ikan ini lebih cenderung suka pakan yang alami dari pada pakan buatan. Makan alami yang dimaksud adalah seperti cacing, larva semut merah, ataupun jentik nyamuk.

Dengan pakan alami serta segar memiliki fungsi merangsang insting serta naluri ikan itu sendiri. Sehingga dengan bertambah insting dan naluri yang baik, maka ikan ini akan bertambah sehat, gesit, lincah, serta warna tubuh yang dimiliki lebih indah.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *