Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami dan Mudah

Ramenesia –  Halo Rameners, baru mengalami mata bengkak? Awas jangan sembarangan mengobati mata bengkak kamu, karena area mata adalah area sensitif. Untuk cara mengobati mata bengkak secara alami, mudah dan cepat yuk simak dibawah ini.

Kulit di sekitar mata adalah kulit yang sensitif dan tipis. Hal ini mengakibatkan jika kulit mata mengalami bengkak sedikit pasti akan kelihatan. Mata bengkak bisa disebabkan oleh macam-macam hal seperti terkena infeksi, cedera karena kena benda tumpul atau karena habis menangis.

Dari penyebab mata bengkak tersebut, maka Rameners harus segera mengatasinya karena dapat mengganggu penampilan Rameners. Sebelum melakukan pengobatan, ada baiknya mengetahui penyebab mata bengkak tersebut.

Penyebab Mata Bengkak

1. Kurang Tidur

mengatasi mata bengkak karena kurang tidur
src:http://aos.iacpublishinglabs.com

Penyebab mata bengkak adalah kurang tidur. Tingginya aktivitas Rameners seperti mengerjakan tugas kuliah, deadline kantor seringkali menuntut harus begadang, sehingga jam istirahat menjadi berkurang.

Karena waktu tidur yang singkat itu mata mengalami kelelahan, sehingga mata menjadi bengkak. Untuk masalah ini Rameners hanya butuh istirahat yang cukup agar mata dan tentunya badan kembali fresh.

2. Flu dan Sinusitis

Sinusitis atau rhinosinusitis adalah inflamasi atau sering disebut peradangan pada area dinding sinus. Bagi penderita sinusitis, gejalanya sendiri sering ditandai hidung tersumbat, pilek, dan nyeri pada wajah.

Akibat flu atau sinusitis ini akan mengaikbatkan timbulnya retensi cairan pada kelenjar mata akibatnya mengalami mata bengkak.

3. Menangis

cara mengobati mata bengkak karena menangis

Setiap manusia pasti pernah menangis, Rameners pasti tahu kalau menangis dalam waktu lama juga akan menjadi sebab mata bengkak. Hal ini karena adanya retensi cairan kelenjar mata di area kelopak mata.

4. Gigitan Serangga

Pernah digigit serangga di area mata? Atau paling tidak pernah melihat orang mengalaminya. Gigitan serangga akan menyebabkan bentol dan kemerahan. Dan jika menggigit mata Rameners maka menyebabakan mata bengkak.

5. Benturan Benda Tumpul

 

Jika mata Rameners terkena benturan benda tumpul selain menjadi lebam, juga akan mengalami mata bengkak. Hindari kontak langsung dengan mata agar mata tetap aman dan sehat sampai tua.

6. Faktor Genetik

Rameners mungkin pernah melihat orang yang mengalami mata bengkak namun tidak diakibatkan faktor-faktor diatas? Bisa jadi orang tersebut mengalami mata bengkak karena faktor genetik atau keturunan.

7. Faktor Usia

cara mencegah kantung mata

Seiring bertambahnya umur, maka bagian-bagian kulit akan mengalami kehilangan elastisitas, sehingga akan menggantung dan terlihat seperti mata bengkak.

8. Polusi Udara

Faktor mata bengkak karena polusi udara memang susah dihindari apalagi buat Rameners yang tinggal di kota besar. Polusi udara akan membuat mata iritasi, sehingga mata mengalami bengkak karena inflamasi atau radang mata.

Dari beberapa penyebab mata bengkak diatas, Rameners dapat mengobati mata bengkak agar dapat kembali dalam keadaan semula.

Cara Mengobati Mata Bengkak

1. Kompres Air Dingin

cara mengobati mata sakit

Cara mengobati mata sakit bengkak sakit secara cepat dan mudah adalah dengan mengompress dengan air dingin. Rameners bisa menggunakan handuk kecil, kemudian celupkan pada air dingin dan dikompreskan pada mata.

Atau jika tidak ada handuk kecil, Rameners bisa menggunakan kantung plastik isi es batu untuk mengompres mata bengkak.

2. Kompres Mata Dengan Mentimun

cara mengobati mata bengkan
src:http://www.gethomeremedies.com/

Pasti Rameners pernah melihat orang menutup matanya dengan mentimun? Hal ini dilakukan untuk mengurangi mata bengkak lho. Rameners juga bisa melakukannya sendiri di rumah karena caranya yang mudah.

Cara kompres mata dengan mentimun adalah dengan memasukkan mentimun yang sudah diiris kedalam lemari es selama 10 menit, setelah itu ambil dan tempelkan ke dua belah mata. Sebaiknya dilakukan sambil tidur, agar mentimunnya tidak jatuh ya Rameners.

3. Kompres Mata Dengan Teh Celup

Selain dengan mentimun, bahan yang satu ini lebih mudah didapatkan oleh Rameners. Yaps, teh celup. Caranya mudah kok dilakukan di rumah masing-masing. Cukup sediakan teh celup dan seduh dengan air panas.

Silahkan angkat teh celup tersebut, Tempelkan teh celup tadi pada mata dan diamkan selama 10 menit. Rameners bisa melakukan cara ini 2 kali sehari.

Tentunya masih banyak cara sehat dan alami mengobati mata bengkak yang belum di tulis disini. Jika Rameners tahu cara mengobati mata bengkak secara alami dan mudah atau cara mengobati mata bintitan, silahkan komentar dibawah agar bermanfaat bagi pembaca lain.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *