Cara Mudah Bangun Tidur Sebelum Subuh

Ramenesia – Gimana mau bangun rumah tangga kalau bangun untuk sholat subuh berjamaah aja masih belum bisa? Kata sebuah meme diInstagram. Kalau kamu susah bangun subuh yang bisa mengakibatkan sering telat untuk kekampus bahkan kekantor, maka kamu sedang dalam masalah besar.

Manfaat bangun sebelum subuh bagi kesehatan sudah banyak dijelaskan dan tersebar di internet, namun yang perlu kita pelajari adalah bagaimana cara mudah bangun tidur sebelum subuh sehingga mulai besok kamu tidak perlu terlambat lagi untuk sholat subuh berjamaah di masjid.

1. Berwudlu dan Niat Kuat Sebelum Tidur

wudhu

Sebelum tidur silahkan rubah dahulu niatmu bangun pagi. Misal jika sebelumnya kamu hanya niat untuk berangkat sekolah, kampus atau kantor, maka mulai malam ini kamu harus niatkan untuk sholat subuh berjamaah. Orang dahulu, dan bahkan masih banyak juga sekarang sering membangunkan anaknya ketika bangun tidur agar tidak telat sekolah dan ini bisa terbawa sampai dewasa bahkan saat kita sudah bekerja di kantor.

Supaya kamu tidak malas-malasan lagi esok harinya untuk sholat subuh berjamaah, kamu harus merubah niat tersebut jangan lupa untuk berwudlu sebelum tidur. Motivasikan dirimu untuk menjalankan kewajiban-Nya. Kalau kamu sudah terbiasa bangun dan sholat subuh, otomatis kamu tidak akan telat kekampus ataupun kekantor.

“Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

2. Minum Air Putih Sebelum dan Bangun Tidur

gelas

Selalu sediakan minum air putih dalam gelas di meja dekat tempat tidurmu. Minumlah minimal setengah gelas sebelum tidur dan sisanya diminum ketika kamu bangun tidur. Minum air putih sebelum tidur terbukti membantu kamu bangun lebih pagi. Karena kamu biasanya akan merasakan ingin buang air kecil menjelang pagi hari. Karena merasakan itu, otomatis kamu akan terbangun dan pergi kebelakang. Disaat sudah sampai kamar mandi, segerakan langsung cuci muka dan mengambil wudlu sekalian agar badan lebih fresh.

Sedangkan minum air putih ketika bangun tidur akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat tidur. Taruh gelas agak jauh sehingga untuk minum kamu harus berdiri meraihnya. Dengan demikian ada aktivitas tubuh bangun dari tempat tidur. Lanjutkan dengan duduk sebentar dan segerakan wudlu.

3. Set Alarm Sebelum Subuh

alarm

Set alarm sebelum ini hukumnya wajib bagi kamu kalau ingin bangun sebelum subuh. Atur waktu alarm secara berkala dengan format 30 20 10 5. Itu adalah hitungan menit sebelum subuh. Misal kamu ingin bangun jam 04:30, maka kamu harus set alarm di waktu 04:00, 04:10, 04:20, 04:25. Ini dilakukan karena kebiasaan orang ketika mendengar alarm hanya akan di matikan atau di snooze tapi tidak bergerak dari tempat tidur. Disinilah manfaat rutin minum air putih dan menaruh gelas agak jauh dari tempat tidur.

4. Tidur Malam Lebih Cepat

tidur

Kalau masih suka begadang tidak jelas, segeralah bertobat !! Hehehe. Ada kebiasaan orang sukses yang awalnya saya pikir mereka tidak akan melakukan, yaitu tidur tepat waktu. Mereka memiliki pola hidup yang bagus untuk menjaga stamina tubuhnya. Ada cerita pengusaha dengan penghasilan milliaran yang berada disalah satu group Whatsapp, beliau akan pamit istirahat ketika sudah menginjak jam 10 malam walaupun temanya atau diskusinya sedang panas.

Tubuh kita itu sudah diset untuk istirahat dimalam hari, jadi kamu harus memanfaatkannya dengan baik. Tidur maksimal jam 10 malam agar kamu bisa bangun jam 3 pagi sehingga tidak ada masalah untuk sholat subuh atau telat ke kantor.

5. Ulangi Selama 3 Minggu Tanpa Putus

Calendar

Lakukanlah semua empat langkah diatas selama 3 minggu berturut – turut tanpa putus maka ini akan menjadi pola kebiasaan kamu. Jika mengalami satu hari saja putus, ulangi lagi dari hari pertama karena dengan putus rantai rutinitas, biasanya akan menular karena itu penyakit.

Satu tips lagi, silahkan lakukan tidur siang walau cuma 5 – 10 menit, ini penting untuk mengembalikan stamina tubuh dari siang menjelang sore hari.

Untuk kamu yang masih susah bangun tidur untuk sholat subuh berjamaah, praktekkan 5 langkah diatas. Telat bangun tidak hanya akan membuat rezekimu dipatok ayam tetapi bagi yang jomblo bisa buat jodohmu dipatok orang lain.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *