4+1 Fase Lulus Kuliah Tepat Waktu atau Waktu Yang Tepat

Ramenesia – Semester berapa kamu sekarang? Kalau kamu masih semester awal, bersyukurlah karena sudah baca artikel Ramenesia ini. Tapi kalau kamu sudah semester “akut” segeralah bertaubat dari jalan yang sesat kuliah tidak lulus – lulus tapi minta kiriman jalan terus. Buat apa kamu masih dikampus saja, sedangkan setiap semester bayar kuliah, kecuali kamu mau jadi donatur tetap kampus.

1. Fase Pembentukan Dasar

 

Buat kamu yang masih semester I – IV jangan sekali – kali tergoda bujuk rayu ataupun bisikan – bisikan sesat temanmu untuk lebih fokus main – main dari pada kuliah. Lebih parah lagi banyak mahasiswa menyalahkan jurusanya yang dianggap tidak tepat dengan dirinya. Pertanyaannya kamu ngapain aja sebelum daftar kuliah? Ingat tujuan utama kamu adalah membawa pulang ijazah untuk dipersembahkan orang tua atau walimu, minimal syarat jadi menantu dari calon mertuamu kelak adalah seorang sarjana sudah kamu amankan. Jika difase awal ini kamu sudah bagus dalam urusan kuliah, maka peluang kedepan lulus sesuai target semakin besar.

2. Fase Pertobatan Kembali Ketujuan Awal

sumber:hechingerreport.org/
sumber:hechingerreport.org/

Semester pertobatan saya sebutnya, ditahun ketiga kamu menginjak bangku kuliah adalah waktu yang tepat untuk segera bertobat kalau kamu tidak fokus disemester awal – awal. Kamu tidak akan bisa mundur lagi, udah tanggung kalau harus mundur dari medan kuliah. Kamu tidak lihat orang tua sudah susah payah cari biaya kuliah dan transfer uang jajanmu selama empat semester hanya agar kamu fokus kuliah ? Kalau kamu anak orang kaya bersyukurlah karena beban orang tuamu ketika transfer biaya kuliah dan kebutuhan tidak seberat ketika kamu anak orang biasa – biasa saja, apalagi yang sampai pinjam uang kesana kemari agar anak tercintanya lancar kuliah diperantauan.

3. 90% Go To Finish

lari

Jika kamu masih on the track ngampus sampai semester VII, jaga fokusmu itu bro and sis karena kamu sudah 90% mendekati garis finish ingat lulus tepat waktu lebih baik dari pada waktu yang tepat. Semester krusial saya sebutnya, sedikit jadwal kuliah bisa membuat orang kehilangan fokus mengejar target. Semester yang juga banyak mahasiswa gugur didalamnya  memiliki lebih banyak godaannya dari pada semester awal, mulai malas ngampus karena tidak ada dosen, bisikan main – main dan travelling sama teman – teman sampai tawaran side job dengan embel – embel kerja enak gaji banyak tanpa memerlukan ijazah.

Ingat kembali ketujuan awal kamu datang ke kampus adalah untuk berbakti kepada orang tua (birrul walidain) dan berlarilah lebih cepat dengan fokus kedepan, jangan tergoda oleh bujuk rayu teman – temanmu untuk main – main. Jika kamu anak rantau, harusnya kamu memiliki daya juang yang hebat, dan juga punya strong why untuk lulus tepat waktu dan memuaskan. Kenyataanya tidak demikian juga, saya sewaktu kuliah menjumpai teman – teman saya anak rantau dan orang bisa dianggap kecukupan hidupnya beberapa lebih sering foya – foya. Tahun 2007 dapat uang saku perbulan Rp. 3,000,000,- itu mewah banget. Bro and sis harga nasi telur di burjo waktu itu masih tiga ribu rupiah, jadi uang segitu bisa buat traktir 1000 piring nasi telur untuk dibagi bagikan satu jurusan.

4. Dosen Pembimbing Dimanakah Engkau ?

skripsi

“Pak maaf mau tanya, besok Bapak kekampus tidak ya ?”, ” Bu kalau diperbolehkan saya mau minta waktu Ibu untuk bimbingan besok pagi ?”. Percayalah kamu akan melakukan itu suatu saat karena seringnya mondar mandir di kampus tetapi tidak ketemu sama dosen pembimbing. Hari itu kamu akan lihat jadwal dosen pembimbingmu, dijadwal beliau ada kelas, namun sampai ashar beliau tidak muncul dan rasanya warbiyasak. Kecewa, kesel, marah, campur aduk jadi satu.

Namun demi lulus tepat waktu dan menghindari lulus diwaktu yang tepat kamu harus struggle, ingat bro calon mertua yang belum ketemu ntah dimana, udah nunggu kapan anaknya mau dilamar orang hebat seperti kamu. Jadi singkirkan dahulu keluh kesahmu itu, tapi jangan lupa bikin reward pribadi misal setelah lulus mau jalan – jalan, mau makan – makan, atau mau traktir teman – teman, bisa juga nadzar kalau lulus akan taubat sudah tidak makan teman lagi. Biar imbang beri juga punishment atau hukuman untuk diri kamu sendiri, jika tidak tepat waktu sesuai target kamu akan lari sejauh 3 KM bolak balik, atau kamu bisa berkreasi sesuai punishment yang ditentukan, ingat punsihment sifatnya menyiksa jadi jangan sampai punishment malah enak dilakukan, dan jangan sampai jenis punsihment yang ditentukan adalah lari tapi lari dari kenyataan.

5. Hadiah Untuk Orang Tua

wisuda

Sudah finish ? Selamat kalau kamu berhasil menyelesaikan misi lulus tepat waktu, jangan lupa undangan wisuda untuk orang tuamu sebagai hadiah indah karena sudah mendukung dari rumah baik materi maupun doa. Minimal jika orang tua tidak bisa hadir, kabari berita bahagia ini sambil ucapkan terima kasih banyak. Dan buktikan baktimu dikehidupan nyata dunia kerja, walaupun sampai berdarah – darah kamu tidak akan bisa mengganti jasa dan kasih sayang mereka dari kamu lahir.

Ingat lulus tepat waktu itu jauh lebih baik dari pada lulus diwaktu yang tepat, salah satu alasanya memperbesar peluangmu untuk sukses duluan dari pada yang masih santai – santai banyak tidur tapi belum lulus.

About the author: ramenesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *